Home » » Sejarah Dan Perkembangan musik Barat Dan Timur

Sejarah Dan Perkembangan musik Barat Dan Timur

Written By Unknown on Jumat, 14 September 2012 | 02.24


Pernahkah anda mendengar karya-karya Mozart, Beethoven, Bach & Haydn ? Beliau adalah salah satu dari sekian banyak komponis musik barat yang karya-karyanya dikenal luas oleh masyarakat dan musik-musik beliau yang mengilhami karya-karya musik komponis berikutnya. Bahkan konon musik Mozart mempunya efek yang sangat baik untuk pertumbuhan anak, untuk menemani belajar dan sekedar relaksasi. Ditulisan ini penulis akan membahas sekilas tentang kemajuan musik-musik barat dan aspek apa saja yang bisa membuat musik barat mendunia dan terkenang abadi oleh masyarakatnya sendiri dan oleh khalayak luas. Dan ditulisan pendek ini pun penulis akan memberikan solusi terhadap tertinggalnya musik timur khususnya Indonesia.
            Musik barat atau orang banyak menyebutnya musik “klasik/classic” adalah lahir dari kebudayaan dan tradisi orang barat. dimana kata “klasik” ini mempunyai arti luas. Bisa dipakai untuk menyebut zaman sejarah musik dan bisa dipakai untuk menyebut musik kesenian tradisi barat. masyarakat barat (Eropa) sejak dahulu sudah disiplin dalam pengarsipan/mencatat apa saja yang terjadi. Maka dari itu dari segi keilmuan masyarakat barat lebih maju dan mempunyai dasar  yang kuat dalam keilmuan, Begitu pula dengan kesenian barat.  “klasik/classic” merupakan musik berkelas sesuai dengan namanya. Dahulu musik klasik dipentaskan di istana-istana kerajaan dan untuk upacara-upacara adat.
            Mengapa musik barat bisa mendunia dan terkenang abadi? Musik barat mempunyai struktur dan pola yang rumit dibandingkan dengan musik timur yang menggunakan nada-nada pentatonis dan dimusik barat mengenal system tangga nada diatonis, ilmu harmoni, kontrapung dan teori yang kompleks. Musik barat pun terukur dari segi komposisi tidak berlebihan dalam berkarya dan sistemik. Dari pengarsipan karya musik barat sudah mengenal Notasi balok (partitur) dan ini yang membuat musik barat dikenal luas oleh khalayak banyak.
            Sedangkan musik timur (yang saya maksud disini musik nusantara Indonesia) tidak begitu jelas dalam sejarah tidak sekompleks musik barat yang terperinci. Musik nusantara Indonesia itu sangat kaya, kita tidak bisa menyebut bahwa musik nusantara Indonesia itu hanya  Bali saja. Kesenian musik Indonesia sangat pluralis dan sakral. Tiap suku di Indonesia mempunyai Tradisi musiknya sendiri.
            Dengan itu sudah cukup jelas sangat tertinggal kebudayaan kita dengan budaya luar. Dan itu menjadi tugas kita para Intelektual-intelektual Seni untuk terus mengenalkan dan mensosialisasikan budaya Indonesia ke kancah Global. Bagaimana caranya? Dengan mengubah atau mengaransemen musik-musik daerah dengan ala Barat seperti di orchestrasikan dengan menggunakan sistem-sistem musik barat dan mengarsipkan Gubahan-gubahan atau aransemen-aransemen musik baru dan lama kedalam penulisan notasi balok agar generasi penerus bisa terus melestarikan dan menikmati musik nusantara baik versi baru dan lama. Maka terjadi akulturasi budaya dan menerapkan keilmuan musik barat terhadap musik timur, dengan tidak meninggalkan norma,dan adat istiadat kebudayaan musik timur yang berlaku. Dengan itu kesenian-kesenian musik nusantara bisa bersaing secara global dikancah permusikan dunia.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA FOLLOW DAN COMMENT'NYA AGAR SAYA LEBIH SEMANGAT UNTUK UPDATE..


Terima kasih Telah berkunjung ke Blog Kami

Total Pengunjung

Profil